Pemantauan Air Permukaan

Home Pemantauan Air Permukaan

Selain air tanah, air permukaan merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan. Air permukaan adalah air mengalir atau yang berada di permukaan tanah seperti sungai, rawa dan danau. Air permukaan memiliki karakteristik masing-masing tergantung dari lokasi dan pembentukkan yang masuk ke dalam air tersebut.

Air permukaan bermanfaat bagi kebutuhan makhluk hidup seperti kebutuhan masyarakat sekitar, sumber konsumsi, irigasi dan air untuk industri. Kualitas air permukaan perlu dilakukan pemantauan dengan tujuan sebagai pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air karena berpotensi terkontaminasi dengan bahan pencemar selama pengaliran. Sumber pencemaran tersebut dapat berasal dari kotoran industri kota, kegiatan masyarakat sekitar dan lain sebagainya.

Bagi industri yang memanfaatkan air permukaan seperti sungai sebagai lokasi pembuangan air limbah yang telah di olah sebelum dilakukan pembuangan, wajib melakukan pemantauan dan pengujian air permukaan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk selalu memastikan sungai tidak tercemar dan air yang dibuang tidak mencemari lingkungan. Pemantauan dan pengujian air dilakukan sesuai regulasi yang berlaku dengan memperhatikan parameter baku mutu air yang terkandung di dalamnya.

Dengan melakukan pemantauan dan pengujuan air permukaan, dapat diketahui kulitas air tersebut. Adhikarilab Indonesia merupakan laboratorium lingkungan terakreditasi KAN yang dapat membantu dalam melakukan pemantauan atau pengujian kualitas air dengan teknik pengambilan sample uji sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Berencana memanfaatkan air permukaan untuk aktifitas Anda?

Ketahui terlebih dahulu kulitas air permukaan sebelum pemanfaatan. Hubungi kami sekarang dan dapatkan informasi lengkap mengenai layanan ini.